Kamis, 02 Juni 2011

SINOPSIS

Nama : Cut Paula Rahma Putri
Kelas : 3 EA 13
NPM : 10208289
Materi : Sinopsis
Mata Kuliah : B. Indonesia

SINOPSIS


Sinopsis adalah ringkasan cerita cerpen. Ringkasan cerpen adalah bentuk pemendekan dari sebuah cerpen dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik cerpen tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan cerita yang panjang dalam bentuk yang singkat.
Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.
Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

Unsur-unsur dalam cerpen :
1. Tema
Yaitu gagasan inti. Dalam sebuah cerpen, tema bisa disamakan dengan pondasi sebuah bangunan.
2. Alur atau Plot
Yaitu rangkaian peristiwa yang menggerakkan cerita untuk mencapai efek tertentu.
3. Penokohan
Yaitu penciptaan citra tokoh dalam cerita.
4. Latar atau Setting
yaitu segala keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana dalam suatu cerita.
5. Sudut Pandangan Tokoh
Diantara elemen yang tidak bisa ditinggalkan dalam membangun cerita pendek adalah sudah pandangan tokoh yang dibangun sang pengarang.

Contoh Sinopsis :

THE DAY THE EARTH STOOD STILL

Film dengan genre Sci-Fi atau Fiksi yang tidak jauh dengan Alien kembali di rilis dan ditayangkan, dengan judul Film “The Day The Earth Stood Still“. Kali ini Keanu Reves kembali hadir disini dan berperan sebagai alien. Film ini merilis kembali dengan judul film yang sama yang pernah dibuat pada tahun 1951.

Pada saat itu kondisi planet bumi sedang mengalami pemanasan global diseluruh dunia dan mengacaukan ekosistem alam, kemudian datang seorang mahluk asing atau bisa disebut alien bernama Klaatu( diperankan oleh Keanu Reeves ) yang datang dari luar angkasa dan mencoba melindungi bumi dengan mengambil semua sampel makhluk bumi, kecuali manusia. Kemudian pemerintah dan ilmuwan berlomba memecahkan misteri dibalik kehadiran Klaatu. Lalu ada seorang wanita ( diperankan oleh Jennifer Connelly ) bersama anak tirinya terjebak di dalam misi Klaatu dan mengetahui bahwa Klaatu adalah “Teman Bumi“. Disatu sisi, film ini memberikan inspirasi dan contoh untuk pengetahuan baru, sebagaimana mestinya planet bumi merupakan hal yang penting bagi keseimbangan seluruh alam semesta.

Ada beberapa kekurangannya yakni kedatangan alien dengan perlengkapan senjata dan digambarkan dengan robot berukuran raksasa sehingga terlihat aneh. Lalu terletak di ending film ini. Maaf ya ga bisa saya kasih infonya … ntar ga jadi nonton deh …

Beberapa pesan yang saya dapatkan waktu nonton, penyebab rusaknya planet bumi adalah manusia itu sendiri sebagai faktor terbesar. Tetapi disatu sisi, manusia mempunyai satu sisi lain untuk merubah semua itu . Dunia dapat diselamatkan karena keyakinan manusia untuk berubah dan menyelamatkan bumi.

Film “The Day The Earth Stood Still” diperankan oleh Keanu Reeves, Jennifer Connelly, Kathy Bates, Jon Hamm, Jaden Christopher Smith dan disutradarai oleh Scoot Derrickson. Enjoy it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar